Awesome Leader

image

Tulisan ini lahir ketika aku sedang dalam masa-masa merindukan rumah dan orang-orang terdekatku yang selalu membuatku nyaman. Singkatnya nasa-masa itu terjadi ketika aku tinggal di desa orang dengan sekelompok teman-teman yang baru yang sebelumnya belum pernah aku temui apalagi aku hadapi. Masa-masa merindukan rumah dan teman-temanku di kampus merupakan salah satu titik tersedih yang membuatku harus mati-matian menahan air mata. Tulisan ini sejujurnya aku tuliskan ketika ruang tamu dihuni banyak orang dan aku membuat duniaku sendiri. Dunia menulisku ditemani MP3 dengan volume FULL.

Merindukan rumah membuatku terpikirkan satu hal yang sering aku lakukan di rumah dan aku tinggalkan kebiasaan itu selama di desa, yakni menonton video Oppadeul. Seperti yang reader tahu, aku ELF, sudah pasti hari-hariku ditemani setidaknya dengan satu saja video pertunjukan dari tingkah tiga belas laki-laki itu. Terigat akan mereka, aku berpikir mengenai grup mereka yang begitu kompak dan solid. Setelah aku pikirkan, peran leader di dalam sana amatlah penting.

Muncul serentetan pertanyaan,
Oppa, seperti apa sulitnya mengatur 12 orang dengan sifat yang berbeda?
Oppa, seberapa sering kau mengalah dan mengesampingkan egomu demi keutuhan grup itu?
Oppa, seberapa besar pengertianmu?
Oppa, apa kau benar-benar malaikat seperti julukan yang bertahun-tahun kau sandang?

Anehkah jika aku bertanya seperti itu? Aku rasa tidak ketika aku sendiri pernah mengalami betapa sulitnya mengerti setiap orang dengan sifat dan sikap yang beraneka ragam dijadikan satu dan dituntut untuk kompak. Kemudian, setelah merasakannya, aku melontarkan pertanyaan lain,
Bagaimana caranya menyatukan 12 orang itu hingga mampu menjadi satu?
Bagaimana perasaanmu ketika ada yang memutuskan untuk pergi?

Yah, dulu aku masih mengaggap kalau mengatur orang, menyatukan perbedaan itu mudah dan oppa juga pasti tidak sulit melakukannya, hingga ketika oppa menitikan air mata itu sedikit terasa aneh. Namun, aku sekarang aku ingin berkata, ketika tidak mampu menyatukan apa yang seharusnya menjadi satu itu, bukan lagi mulut yang akan berbicara, melainkan mata dengan tangisan dan ritikan tiap tetes air matanya. Ternyata,menyatukan perbedaan itu amatlah sulit. Tapi, dia salah satu sosok yang mampu menyatukan perbedaan 12 orang menjadi satu. Walaupun sekarang sudah tidak utuh, tapi dia masih tetap hebat, mempertahankan yang lainnya hingga tahun ketujuh dan pasti hingga puluhan tahun berikutnya.

Namun aku tidak lupa dengan peran 12 orang itu. Menurutku, mereka memiliki andil yang juga penting dalm penyatuan grup dan membuatnya bertahan sampai sekarang. Jika hanya 1 (leader) yang berjuang, maka penyatuan itu tidak akan terjadi. 12 orang lainnya pasti juga berjuang mengesampingkan minimal 1% saja dari ego mereka. Leader bukanlah alat untuk menyatukan seklompok orang, melainkan dia adalah jembatan yang mengajak sekelompok orang itu untuk berjalan ke arah yang sama, jika yang lain menyetujui jalan itu walaupun ada jalan lain yang lebih indah di luar sana, mereka akan bersama. Dan untuk mengambil keputusan melewati jalan yang sama itu dibutuhkan pengesampingan ego walau hanya 1% dari keseluruhan yang dipunya.

Well..
aku hanya mengungkapkan pelajaran apa yang bisa aku ambil dari semua yang aku amati, semua yang aku rasakn dan semua yang pernah kualami. Kedewasaan saja ternyata tidak cukup, mengalah saja juga tidak cukup untuk menyatukan sekelompok orang menjadi satu. Faktor penting terletak pada dii masing-masing yang memag memiliki keinginan untuk bersatu dan memberikan yang terbaik.

“Bahkan ketika aku lelah, aku harus berpura-pua bahwa semuanya baik-baik saja” 이특
“Aku mungkin tidak terlalu pandai menyanyi dan dance, yang aku bisa hanyalah mnjdi pemimpin 12 member ini, jadi tolong twtap menghrgaiku sebagai lader” 이특

“Ketika kau menjadi leader, kau tidak bisa memihak pada 1 orang saja, tapi harus mendengarkan pendapat semuanya dan memutuskan yang terbaik tanpa ada yang merasa tidak adil. Itulah yang selama ini 이특 형 lakukan” 규현

My regards,

AlvhyCho

*tulisan ini hanya cerita singkat dengan quote yang mungkin tidak berarti. But, aku tetap ingin mnuliskan dan membagikannya pada kalian, tanpa maksud apapun. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

